PUSAT DATA KESEJAHTERAAN

SATU DATA PEMBANGUNAN | SAPA INDONESIA

     TENTANG PUSAT DATA KESEJAHTERAAN

prc-home

Pusat Data Kesejahteraan adalah aplikasi system informasi sederhana yang dikembangkan Program SAPA INDONESIA dan KKI-PK dengan tujuan untuk memudahkan para pengambil keputusan di pemerintahan daerah dalam kegiatan perencanaan pembangunan, monitoring dan evaluasi pembangunan dengan desain satu data untuk semua.

Pengembangan Pusat Data Kesejahteraan diawali dari kebutuhan terhadap data pembangunan (satu data untuk semua) serta kebutuhan tata kelola data yang baik dan terstruktur untuk mendukung perencanaan dan implementasi program penanggulangan kemiskinan yang dinamakan dengan Pusat Data Kemiskinan atau Poverty Resource Center (PRC) dan pada pengembangannya saat ini berubah nama menjadi Prosperity Resource Center.

Proses tata kelola data yang dilakukan pada kegiatan penanggulangan kemiskinan melalui PRC selanjutnya memberikan termuan solutif ke arah yang lebih mendalam bahwa sejatinya kemiskinan bukan sekedar sebagai obyek yang harus ditanggulangi atau disembuhkan, namun kemiskinan merupakan salah dampak (negative) dari perencanaan dan atau implementasi pembangunan yang tidak tepat sasaran. Dengan kata lain keberhasilan pembangunan dapat dilihat dampaknya antara lain dari meningkatnya kesejahteraan rakyat dan menurunnya angka kemiskinan baik secara kuantitatif maupun kualitatif.

Temuan permasalahan kemiskinan sebagai dampak dari pembangunan dan dikaitkan dengan penyebab terjadinya kemiskinan (akibat dari ketidaktepatan perencanaan pembangunan) yang bersifat multidimensi pada akhirnya akan memerlukan konsep perencanaan pembangunan yang optimal dan tepat sasaran.

prc-tentangHal yang penting dapat dilakukan untuk mengoptimalkan atau meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan antara lain adalah dengan pemanfaatan data pada kegiatan perencanaan. penggunaan data yang disyaratkan adalah data yang memenuhi aspek legal dan valid serta dijadikan sebagai satu data pembangunan bersama di setiap wilayah, baik nasional, provinsi maupun kabupaten - kota.

Sumber-sumber data yang digunakan di PRC adalah data multidimensi dengan kriteria seperti penggunaan banyak indikator data, pemanfaatan jenis data mikro dan data makro serta klasifikasi yang tepat dalam memposisikan data (multidimensi peran data) sebagai data target, data implementasi/realisasi maupun sebagai data dampak dari hasil pembangunan.

Aplikasi Pusat Data Kesejahteraan - Prosperity Resource Center adalah wujud instrumen tata kelola data berbentuk satu data untuk semua yang digunakan dalam pengelolaan data pembangunan dan merupakan penajaman Pusat Data Kemiskinan - Poverty Resource Center yang telah dikembangkan oleh SAPA Indonesia sebelumnya.

Aplikasi Pusat Data Kesejahteraan dapat dimanfaatkan sebagai sistem informasi yang membantu pihak-pihak pengambil keputusan di daerah maupun kelembagaan untuk menetukan arah perencanaan pembangunan termasuk kegiatan penanggulangan kemiskinan yang dilaksanakan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Bidang Kerja Daerah, Program Kerja Daerah dan pihak lain yang berkepentingan.

Secara substansi, Aplikasi Pusat Data Kesejahteraan sudah mengklasifikasikan sumber-sumber informasinya dalam beberapa kelompok klasifikasi data, antara lain :

  • Data Target, yaitu data-data berisi informasi yang mendukung targeting dari perencanaan berupa data-data potensi dan profil.
  • Data Dampak, yaitu data-data yang berisi informasi dampak dari perencanaan dan implementasi pembangunan berupa informasi capaian dan perubahan tingkat kesejahteraan dan informasi kondisi kemiskinan.
  • Data Implementasi, kinerja pembangunan, yaitu data-data profil kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh perangkat daerah baik SKPD, Bidang maupun Program serta data-data yang bersumber dari kementerian dan lembaga.

Pusat Data Kesejahteraan yang merupakan wadah satu data untuk semua juga dilengkapi dengan fitur analisa data bagi tiga kelompok data di atas. Analisa ini dapat dilakukan secara langsung dimana pengguna aplikasi bisa mendapatkan informasi mendalam berupa data kecenderungan maupun data-data peramalan sebagai antisipasi apabila update (pemutakhiran) data yang terbaru masih belum tersedia.

Selamat memanfaatkan segala fasilitas yang ada di dalam Aplikasi Pusat Data Kesejahteraan (PRC) - Satu Data untuk Semua.

 

Salam..
SAPA INDONESIA
Komite Kemitraan Indonesia untuk Penanggulangan Kemiskinan (KKI-PK)

 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Kota Banda AcehAceh BesarPidie JayaKota SabangSerdang BedagaiBatu BaraKota Tebing TinggiBandungGarutCiamisKota TasikmalayaSubangsukabumiKebumenBoyolaliWonogiriKota SurakartaGugungkidulBantulKulonProgoBulelengJembranaBadungLotengLotimLobarKupangTTSKota KupangKota MakassarLuwuUtaraMaros